Kweren! Layar TV ini bisa dijilat untuk mencicipi makanan yang dilihat

Impian banyak orang menjadi kenyataan. Melalui layar TV yang dapat dijilat ini, Anda dapat merasakan cita rasa makanan yang Anda tonton!

Menonton acara kuliner di TV bikin ngiler karena makanan yang ditampilkan terlihat enak bukan? Maka Anda akan membayangkan jika saja Anda bisa merasakan cita rasa masakan tersebut. Hmm… Pasti enak.

Kabar baiknya adalah saat ini ada seorang profesor dari Jepang yang menemukan solusi untuk masalah Anda. Sang profesor berhasil menciptakan “layar TV yang dapat dijilat” yang tidak hanya menjilat, tetapi juga dapat mencerminkan rasa makanan tergantung pada apa yang dilihat pengguna.

Dikutip dari The Verge, layar TV tersebut berjudul “Taste the TV (TTTV)”. Meski disebut TV, sebenarnya bukan TV yang 100% jadi. Dia masih diciptakan sebagai prototipe TV.

Layar TV ini dibuat oleh Homei Miyashita, seorang profesor di Universitas Meiji. Dia mengembangkan inovasi ini untuk menciptakan pengalaman menonton multi-indera (memungkinkan orang untuk melihat makanan sambil mencicipinya).

Pasti kalian penasaran kan, layar TV itu terbuat dari apa? Bagaimana dia bisa mereproduksi rasa makanan persis seperti yang dia lihat?

Jadi itulah rahasianya. Layar TV ini terdiri dari korsel dengan 10 tabung aroma. Tabung kemudian menyemprotkan rasa yang berbeda dalam kombinasi yang berbeda. Akibatnya, layar menghasilkan rasa makanan tertentu. Sampel rasa kemudian digulung di TV layar datar pada film higienis untuk dicicipi oleh pemirsa.

Menurut Profesor Miyashita, layar TV yang dibuatnya sangat cocok di era pandemi COVID-19 saat ini. Karena teknologi ini dapat membantu meningkatkan cara orang terhubung dan berinteraksi dengan dunia luar.

“Tujuannya adalah untuk memungkinkan orang memiliki pengalaman seperti makan di restoran di belahan dunia lain, bahkan jika orang tersebut tinggal di rumah,” kata Homei Miyashita.

Sedangkan Profesor Miyashita membuat 30 layar TTTV dalam pengujiannya, dan layar tersebut diujikan pada 30 siswa. Menurut salah satu siswa, layar dapat mereproduksi rasa pizza atau cokelat dari sepotong roti panggang yang dilihatnya.

Pertanyaannya, apakah layar ini benar-benar berbentuk TV? Yang paling disukai. Lebih lanjut Profesor Miyashita mengatakan bahwa versi komersial dari TV bocor ini akan menelan biaya sekitar 100.000 yen atau sekitar Rp 12,5 juta/unit.

Wah, pasti lucu ya kalau benar-benar hadir dalam bentuk iklan TV. Layar ini berguna tidak hanya untuk pemirsa biasa yang ingin mempelajari rasa makanan di TV, tetapi juga untuk juru masak jarak jauh. Bagaimana menurutmu?

Sumber :