10 fakta tentang Robert the Bruce, raja pertama yang membebaskan Skotlandia

William Wallace adalah tokoh kunci dalam perjuangan Skotlandia untuk melepaskan diri dari kendali Inggris pada abad ke-14, tetapi ia bukan satu-satunya tokoh yang berpengaruh pada saat itu. Robert the Bruce diakui sebagai raja pertama Skotlandia yang merdeka. Faktanya, Bruce adalah raja paling kontroversial dan memalukan dalam sejarah Skotlandia.

Hari ini, Robert the Bruce dikenal sebagai salah satu nama terbesar dalam sejarah Skotlandia. Selama masa pemerintahannya, dia memang bekerja sama dengan bangsawan Inggris yang ingin mengambil alih tanah rakyat mereka. Berikut adalah fakta Robert the Bruce dari Skotlandia.

  1. Robert the Bruce berasal dari keluarga kerajaan

Lahir di Kastil Turnberry pada tahun 1274, Robert the Bruce adalah kerabat jauh dari bangsawan Skotlandia. Bruce bahkan dianugerahi gelar kerajaan Carrick oleh ayahnya pada tahun 1292, menurut situs World History Encyclopedia. Bruce menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di London, Inggris, tinggal sementara di Irlandia timur atau pulau barat (sekarang Hebrides Luar) Skotlandia.

Seperti dikutip History Extra, meskipun Bruce mungkin fasih berbahasa Skotlandia dan Gaelik, dia juga berbicara bahasa Prancis, dia diketahui telah menghabiskan beberapa waktu di pengadilan Inggris yang lebih Prancis. Dia bahkan menerjemahkan sastra Prancis, menunjukkan bahwa dia cukup berpendidikan pada saat itu.

Sumber :